Menu bar

belajar web proxy mudah

Share it Please
Web Proxy
Salam Blogger..
Postingan ini akan membahas tentang bagaimana membuat web proxy melalui perangkat mikrotik kita, tapi sebelum itu mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu web proxy, jadi mungkin saya akan menjelaskan sedikit mengenai web proxy.

A. Pengertian proxy.
    Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadikan perantara antar client dengan server (website) sehingga nantinya clent tidak berhubungan secara langsung dengan server-server yang ada. Proxy akan membuat request dari client ke web server. sehingga website mengetahui bahwa yang mengakses adalah proxy bukan client, dan website akan memberikan responnya kepada proxy bukan pada clinet.
 
B. Membangun Web Proxy.
    konfigurasi : 
        pada tahap pertama agan masuk ke menu web proxy, pada tab general centang enable, pada port beri 8080, pada chace administrator beri alamat email dan trakhir centang lagi chace on disk.
pada tahap kedua agan membuat nat untuk web proxy,
  1.  pada tab general terdapat banyak kolom, isikan dstnat pada kolom chain, pada prtocol masukkan 6 (tcp) dan dst.port beri 80. 
  2. pada tab action terdapat kolom action juga isikan redirect pada kolom tersebut dan pada kolom to ports beri 8080 yang dimana port ini sesuai dengan angka yang agan masukkan tadi, bila sudah klik ok.
  

 


pada tahap terakhir agan akan membuat rule pada menu proxy, sebagai contoh disini saya akan memblokir www.google.com,  caranya masuk pada menu IP > Web proxy dan pilih menu Acces (kolom sebelah kanan). Bila agan sudah masuk, beri  :
  1. port 80 pada kolom dst.port
  2. beri www.google.com (disini isi nama domain yang ingin anda block)
  3. pilih denny pada kolom action nya.
 


sekarang anda mencoba situs yang telah anda block tadi, kalau hasilnya terdrop maka konfigurasi yang agan lakukan berhasil 

 

jadi begitulah cara memblock situs menggunakan web proxy, semoga bila agan udah pada tau agan dapat memblock situs-situs yang tidk bermanfaat seperti situs porno dan perjudian. 

Oke gan semoga berhasil.
salam blogger.......

2 comments:

Designed By Templateism - Distributed by Copy Blogger Themes